Pendistribusian
file-file Video Audio yang bersifat On-Demand maupun Live yang dilakukan oleh
Server Media menggunakan protocol yang berbeda-beda. Protokol pendistribusian
ini disesuaikan dengan codec dari video dan audio yang diproduksi dan
dikembangkan oleh perusahaan maupun komunitas pengembang.
Secara
garis besar Dua protokol yang mendukung berjalannya video streaming yaitu:
1. Transport Protocol yang menyediakan konektivitas
secara end-to-end di jaringan untuk aplikasi streaming. Transport
protocol terbagi menjadi User Datagram Protocol (UDP) dan Transmission
Control Protocol (TCP).
2. Session Control Protocol yang mendefinisikan pesan dan
prosedur untuk mengatur pengiriman data dari multimedia selama session
terbentuk. Yang termasuk Session control protocol adalah Real-Time
Protocol (RTP), Real- Time Streaming Protocol (RTSP), dan Real-Time
Control Protocol (RTCP).
Pada Layer Transport protokol utama yang digunakan untuk bertukar data adalah TCP dan UDP. TCPmenggunakan komunikasi
dua arah di mana biasanya terdapat acknowledgement sebagai
balasan indikasi bahwa suatu informasi telah sampai atau diterima, sehingga TCP lebih
memberikan jaminan bahwa pengantaran packet akan lebih reliable jika
dibandingkan dengan UDP yang tidak
memiliki fitur acknowledgement tersebut dan
lebih bersifat komunikasi satu arah.
Salah
satu penggunaan TCP adalah autentikasi password dan user
commands seperti pause dan fast-forward.
Kelemahan dari sifat TCP adalah memiliki respon yang kurang
dalam kondisi jaringan yang sering berubah dan membuat overhead keseluruhan
yang lebih besar. Namun pada beberapa kasus tertentu seperti di mana jaringan
menggunakan firewall yang memblok UDP,
penggunaan TCP lebih menguntungkan. Sementara itu, UDP bersifat
memiliki overhead keseluruhan lebih kecil sehingga packet-packet yang
diantarkan bisa lebih cepat sampai. Karena data video dan audio mengkonsumsi
badwidth lebih besar maka default dari media streaming biasanya menggunakan UDP,
terlebih jika streaming bersifat live.
Pada
Layer Application protokol yang umum digunakan adalah RTSP, RTP ataupun RTCP.
Beberapa server streaming juga ada yang menyediakan fitur protokol lain
seperti HTTP dan MMS. Real-Time Streaming
Protocol (RTSP) merupakan sebuah standar protokol dalam mendukung
presentasi multimedia, terutama jika broadcasting bersifat
global dan berskala besar. RTSP menggunakan TCPuntuk
message kontrol pada player dan UDP untuk
pengiriman data video dan audio. RTP merupakan Real-Time
Transport Protocol di mana biasanya bekerja berdampingan dengan
protokol RTSP untuk mendukung fitur real-time pada
multimedia. Sedangkan Real-Time Control Protocol (RTCP) lebih
bersifat untuk monitoring dan kontrol terhadap RTP
sessions. Selain protokol-protokol di atas ada juga protokol lain yang
digunakan bergantung pada player yang digunakan pada sisi client.
Misal penggunaan protokol RealNetworks Data Transport (RDT) sebagai
format packet saat Helix Streaming Server berkomunikasi
secara RTSP dengan Real Player. Microsoft
Media Services (MMS) yang digunakan untuk melayani presentasi
multimedia dengan menggunakan Windows Media Player .
Protokol
pendistribusian ini disesuaikan dengan codec dari video dan audio yang
diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan maupun komunitas pengembang yang
secara garis besar penggunaan protocol tersebut diataranya adalah :
1. RTSP ( Real Time Streaming Protocol
) ,
protocol ini sangat banyak digunakan oleh industri pengembang teknologi
streaming media , hingga saat ini untuk player media pada Hanphone dan Smarphone telah
terintegrasi dengan protocol RTSP ini . Player media
pada handphone dan smartphone yang
terintegrasi dengan protocol RTSP seperti pada vendor handphone dan Smarphone ,
baik berbasis Java J2ME , Symbian maupun Android yang
telah bergabung dengan project Helix Player DNA yang merupakan
produk yang dikembangkan oleh RealNetworks telah mampu memutar
streaming media dengan Format RA, RV, RM, H264/AAC, H263/AMR,
MPEG-4/AAC dan MPEG-4/AMR secara langsung. Protokol
yang dikembangkan pertama kali oleh RealNetworks ini adalah
protocol standard untuk pendistribusian streaming media. Port default
yang digunakan adalah 544.
2. MMS ( Microsoft Media Server ) , adalah protocol yang
digunakan untuk mendistribusikan streaming windows media yang
dikembangkan oleh Microsoft . Dukungan codec yang dapat
didistribusikan melalui protocol ini adalah WMA dan WMV.
Namun saat ini Microsft windows media server telah dapat pula
mengggunakan protocol RTSP dengan meridirect protocol HTTP yang
dimiliki oleh MMS . Port default nya
adalah 1935.
3. RTMP ( Real Time Message Protocol) , adalah protocol yang digunakan
untuk mendistribusikan streaming berbasis Flash media yang
dikembangkan oleh Adobe System , namun protocol RTMP saat
ini hanya mampu diterima pada decoder/player media flah media yang
bersifat embed player pada layanan web site. Dukungan codecs dapat
didistribusikan adalah format FLV dan F4V yaitu FV6,
MP3, H264 dan AAC.
4. HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol
) ,
adalah protocol yang bersifat progressive downloadartinya file-file
Video maupun Audio dengan segala format didownload secara utuh , namun untuk
beberapa file dengan Codecs H264/AAC dengan menggunakan Flash
Player proses Progresive Download tersamarkan karena
file tersebut telah diputar berangsur-angsur , walaupun sebenarnya video
tersebut di Download secara utuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar